Membasmi Kutu Ular

MEMBASMI KUTU ULAR

Pecinta ular seringkali dipusingkan dengan gangguan eksternal ketika merawat dan memelihara ular kesayangannya. Gangguan eksternal yang paling sering menyerang ular adalah kutu (mites), dan paling banyak dijumpai pada jenis burmese python.

Kutu (mites) bentuknya kecil dan berwarna hitam, biasanya berjalan dipermukaan kulit dan ada juga yang bersembunyi di bawah sisik ular.

Kutu ini akan lebih mudah terlihat pada ular yang mempunyai warna2 terang seperti albino dan agak sulit dikenali jika warna ularnya cenderung gelap.

Jika ular yang kita pelihara mempunyai warna cenderung gelap, dapat kita periksa dengan bantuan lampu senter. Caranya sorotkan lampu senter sejajar dengan permukaan kulit (dari tepi), jangan tegak lurus ke arah permukaan kulit. Dan arah kita melihat juga harus dari samping.

Untuk lebih mudahnya kita ambil contoh akan memeriksa bagian punggung ular. Pertama-tama tempelkan lampu senter di atas punggung ular dan sorotkan  lampu ke arah kepala ular yang akan kita periksa.

Setelah itu kita lihat dari sisi samping dan usahakan pandangan kita dapat sejajar dengan punggung ular dan lampu senter tersebut.

Biasanya lokasi yang paling susah dilihat dan dibasmi adalah di daerah bawah rahang dan sekitar kepala termasuk mata.

Memang sulit dan merepotkan membasmi kutu ular dan kami pernah mencoba beberapa cara, mulai dari menggunakan bedak kutu untuk anjing, kapur ajaib untuk semut, sampai air sirih (rebusan daun sirih).

Hanya air sirih yang paling aman untuk ular kita dibanding yang lainnya, tapi air sirih cukup merepotkan karena harus direbus terlebih dahulu sehingga kami mengalami kesulitan untuk melakukan perawatan secara kontinyu.

Padahal kita semua tau membasmi kutu ular harus tuntas dan berkesinambungan, baik dari sisi kebersihan ular itu sendiri maupun dari kandangnya.

Dengan selalu dapat menjaga kebersihan ular dan kandangnya secara tidak langsung akan memutus mata rantai kehidupan dari kutu ular tersebut.

Sudah hampir 2 tahun ini kami menggunakan cara yang cukup hemat dan ampuh membasmi kutu ular dan kami telah dapat menerapkan cara ini secara rutin tiap hari karena kami telah menggunakan LOC Multi Pupose Cleaner produk dari Amway.

LOC Multi Pupose Cleaner ini sebetulnya bahan untuk pembersih lantai, namun jangan khawatir karena kandungan bahan-bahan yang digunakan terbuat dari bahan organik dan sangat aman bagi manusia dan lingkungan apalagi terhadap ular kesayangan kita.

Bahkan dalam kondisi2 tertentu seperti ketika ular memasuki proses sheding penggunaan LOC Multi Purpose Cleaner tidak harus dibilas dengan air, cukup disemprot dan didiamkan sampai proses sheding selesai (kulit lama terlepas). Kutu pasti mati dan proses sheding tidak terganggu.

Selain kutu hilang ada keuntungan lain yang dapat kita peroleh dengan menggunakan LOC Multi Pupose Cleaner ini, ular kesayangan kita jadi lebih harum dan bersih bebas dari bakteri dan parasit.

Ok untuk selanjutnya akan kita bahas bagaimana cara menggunakan LOC Multi Purpose Cleaner dari Amway ini.
Bagi yang belum pernah mengetahui LOC Multi Purpose Cleaner, di bawah ini adalah bentuk kemasannya.

Membasmi Kutu Pada Ular

Persiapan:
Langkah awal ambil LOC Multi Purpose Cleaner sebanyak 5ml/cc, dapat menggunakan alat suntik yang ukuran 6ml/cc.
Lalu isi botol sprayer (lihat gambar botol sprayer) dengan air hampir penuh atau sekitar 400ml/cc.

Masukkan 6ml/cc LOC Multi Purpose Cleaner ke dalam botol sprayer, lalu kocok hingga merata.
Tujuan dari memasukan LOC Multi Purpose Cleaner diberikan terakhir setelah air adalah supaya tidak terbentuk buih yang berlebihan.

Contoh di atas hanya untuk memudahkan ilustrasi saja, jika dipandang perlu perbandingan takaranan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebagai gambaran dengan 1 liter LOC Multi Purpose Cleaner kalau kita memakai takaran di atas, berarti kita dapat meracik sebanyak 200 kali. Tinggal kita hitung berapa banyak jumlah ular dan kandang yang kita semprot tiap harinya, lalu berapa lama LOC Multi Purpose Cleaner ini habis, hemat dan praktis bukan J

Pemakaian:

Nah sekarang obat pembasmi kutu sudah siap digunakan.

Untuk Pengobatan:
Usahakan setiap pagi ular-ular kita keluarkan untuk dijemur sambil kita semprot dengan obat pembasmi kutu yang telah kita racik, dan usahakan seluruh tubuh ular terkena obat termasuk di daerah sekitar kepala (rahang bawah, kepala bagian atas dan samping).

Beri waktu sekitar 1-2 menit supaya obat bekerja dengan lebih efektif, setelah itu bilas dengan air bersih sampai buih hilang dan kulit ular terasa kesat.

Sambil menunggu, semprot juga seluruh kandang hingga di sela-sela dan sudut kandang, termasuk tempat minum dan hiding place (tempat persembunyian) dan bilas semuanya dengan air bersih.

Jika kita memiliki ular lebih dari satu, usahakan pengobatan ini kita lakukan juga bersamaan terhadap ular-ular yang lain supaya upaya kita dalam membasmi kutu ular tidak sia-sia.

Ulang pengobatan ini setiap hari selama 6-7 hari, biasanya sekitar 3-4 hari sudah tampak hasilnya.

Untuk Pencegahan:
Seperti telah kita ketahui bersama bahwa kutu ular mampu berkembang biak dengan sangat cepat sekali, oleh sebab itu langkah pencegahan merupakan langkah yang paling efektif dalam membasmi kutu ular.

Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Sebaiknya penyemprotan kita lakukan setiap hari, baik itu yang dilakukan langsung ke ular maupun ke kandangnya.

Penyemprotan rutin ini paling efektif  tetap menggunakan cara seperti pada tahap untuk pengobatan yaitu ular dan kandang (termasuk perlengkapannya jika ada) kita bersihkan secara terpisah.

Namun kadangkala kita dihadapkan pada situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan untuk mengeluarkan ular dari kandangnya, berikut beberapa contohnya:

  • Seperti dalam kondisi ketika ular memasuki proses sheding karena ada kemungkinan dapat merusak kulitnya yang relatif lunak pada masa-masa itu.
  • Dalam kondisi ular sedang hamil
  • Ukuran ular yang terlampau besar (giant snake) sehingga tidak memungkinkan kita seorang diri mengeluarkan ular dari kandangnya
  • Dan banyak lagi situasi dan kondisi yang lainnya

Cara-cara di atas jika dipandang perlu, dapat kita kombinasikan dengan penyemprotan disinfektan. Namun perlu hati-hati ketika menggunakan disinfektan karena bahan aktifnya dapat mengganggu kesehatan ular kita.

Kedisiplinan, kebersihan dan kesehatan merupakan kunci sukses dalam memelihara ular. Jangan memelihara ular jika kita tidak dapat menjamin kesehatan dan kebersihannya.

Pembuktian dengan cara aman:
Ambil kutu perlahan2 dan letakkan di atas kertas putih, pastikan kutu tetap hidup dan bergerak, semprot (sedikit saja) dengan racikan LOC Multi Purpose Cleaner. Lalu kita amati bagaimana nasib kutu tersebut.

Semoga metode yang kami sharingkan ini dapat berguna bagi pecinta ular.